Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1434 H

Thursday, December 27, 2012

Belajar Drum Secara Otodidak

Posted by Unknown 6:29 PM, under | 1 comment

Belajar Drum Secara Otodidak, Tips ini mungkin sedikit membantu buat anda yang ingin sekali bisa bermain drum tanpa mengeluarkan biaya.

Bermain musik/ bermusik termasuk sesuatu yang memerlukan bakat atau keahlian. Bagiku bakat itu adalah sesuatu yang tumbuh dari semenjak kita dilahirkan. Jelas sekali terlihat antara orang yang berbakat dengan orang yang tidak memiliki bakat. Contoh : orang yang mempunyai bakat bermusik, dia bisa melakukannya dengan bantuan yang ngga terlalu berarti tapi kalo orang yang ngga punya bakat bermusik, walaupun dia belajar tetap akan merasa kesulitan. Paling ujung-ujungnya cuma bisa tapi ngga pintar. 

Belajar otodidak bagiku termasuk metode pembelajaran yang baik, apalagi buat seorang pemula dalam bermain drum. Kunci belajar drum secara otodidak hanya bersungguh-sungguh dan tekad yang kuat.

Berikut cara pembelajaran drum secara otodidak.

1. Mengenal Drum Set
Drum adalah alat musik yang terdiri dari beberapa bagian. Dan dari masing-masing bagian tersebut mempunyai peran tersendiri. 
Disini kami coba perkenalkan nama-nama bagian dari drum set tersebut


A - Bass Drum
B - Snare Drum
C - Hi-Hat
D - Pedal Bass Drum
E - Ride
F & G - Tom-Toms
H - Floor Tom
I - Cymbal Stand
J - Hi Hat Stand for Hi Hat cymbals
K - Hi Hat Clutch
L - Crash
M - Snare Stand
N - Mount for tom(s) to be mounted on Bass Drum
O - Bangku

2. Pelemasan Anggota Tubuh
Dalam hal ini kita menilai pelemasan anggota tubuh sangatlah penting sebelum kita memulai permainan drum yang dominan sekali membutuhkan gerakan anggota tubuh terutama kedua tangan dan kedua kaki kita.
Hal ini bisa kita lakukan sambil duduk dan mendengarkan musik. Lakukanlah gerakan seolah-olah kaki kanan anda memijak Pedal Bass Drum, kaki kiri anda memijak Pedal Hi-Hat trus tangan kanan anda seolah-olah ditempatkan pada cymbal hi-hat dan posisi tangan kiri pada snare drum. Perhatikan setiap ketukan drum pada musik yang anda putar sambil anda ikuti suwara drum tersebut dengan gerakan tangan dan kaki anda.
Supaya ngga terlalu sulit, putarlah musik yang tidak terlalu ngebit/ cepat

3. Melatih Feeling
Untuk melatih feeling kita cukup sering mendengarkan musik aja plus konsentrasi.

1 comments:

artikel belajar drum nya mantabz nih bro.. ane dapat banyak hal baru darisini.. makasih yaa..

Post a Comment

JANGAN LUPA FOLLOW ME
JANGAN LUPA KASI LIKENYA

Tags

Blog Archive

Blog Archive

 
Web Statistics